Advertisement here

Cara Mengatasi Laptop/Komputer Tiba-Tiba Lemot Mendadak


Mungkin ada yang dari kalian yang mempunyai laptop/komputer yang tiba-tiba ketika kamu bermain lemotnya minta ampun? atau jika dibilang. kamu bermain sekarang dan tiba tiba ke esokan harinya tiba-tiba lemot mendadak. nah kali ini dea akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasinya. nah bagaimanakah caranya? ikuti tutorial dibawah ini :


Pastikan untuk me-ngechek beberapa folder yang ada pada "Local Disk C: - Program Files/Program Files (x86)". kedua folder program files tersebut sama saja. hanya saja x86 biasanya ada karena ada beberapa software yang juga mendukung versi 32bit terinstall pada laptop/komputer sedangkan versi 64bit ada pada folder program files tanpa embel embel (x86)




Jika sudah melihat lihat pada kedua folder program files yang ada pada laptop/komputer kamu. dan jika ada folder yang aneh. maka segeralah menghapus folder tersebut. jika masih tidak ada maka cobalah pergi ke halaman berikut :



Nah. untuk pergi kehalaman seperti pada gambar diatas ini. kamu hanya perlu menekan tombol CTRL + ALT + DEL Secara bersamaan pada keyboard. dan kemudian. otomatis kamu akan dibawa ke 4 pilihan. jika tidak ada 4 pilihan biasanya 3 atau 2 atau bisa juga 5. nah. pada tempat pilihan tersebut pilihlah "Task Manager". maka akan muncul seperti diatas. dan jika tidak terlihat Background process atau aplikasi yang berjalan tersebut. tinggal click Lambang panah keatas. pada pojok kiri yang Dea berikan warna abu abu tersebut.
  • Untuk berwarna kuning tersebut merupakan aplikasi yang berjalan didepan layar. dalam artian. kamu masih mengakses aplikasi yang kamu gunakan.
  • Dan untuk tanda berwarna orange tersebut. merpakan aplikasi yang berjalan dibelakang layar.
Perhatikan kedua tanda kuning dan orange tersebut. apakah ada aplikasi yang berjalan dibelakang layar/dilayar depan yang masih belum tertutup dengan sempurna? jika masih maka click kanan aplikasi tersebut dan pilih "End Task" maka otomatis aplikasi yang bersangkutan akan terhenti/mati.

Tapi tunggu dulu. masih ada tanda hijau. ya. tanda hijau tersebut merupakan penggunaan CPU. jika mencapai angka 80 - 99 dan mendekati 100%. jika dibiarkan. maka processing unit/CPU kamu akan merasakan panas yang luar biasa. jika seperti itu. bukan hanya lemot saja yang akan didapat. tapi kebakaran/korsleting pada area Motherboard laptop/komputer. maka lihatlah aplikasi yang berjalan dibelakang layar. lihatlah Penggunaan CPU pada aplikasi yang bersangkutan. jika melebihi batas. maka sebaiknya "End Task" 

Sebelum di matikan aplikasinya tentu pahami dulu aplikasi tersebut penting atau tidak.. jangan sampai kamu menghentikan proses aplikasi "Internet Explorer" yang berjalan dibelakang layar. bisa bisa laptop/komputer kamu ngblank dan mati total :D


Jika sudah mengetahui apa penyebabnya/masih belum ditemukan. maka pergilah ke Control Panel
Dengan cara pergi ke menu "Search" yang ada pada start menu. setiap versi windows memilikinya jadi tenang saja :) carilah menu Search terlebih dahulu. jika sudah dapat. maka ketikan "Control Panel" tepat pada kotak pencarian tersebut. pada windows 10 Home. akan terlihat seperti itu. kamu dapat me-ngeclick "Uninstall A Program" atau me-ngeclick "Control Panel". tak apa. ujung ujungnya akan pergi ke tempat yang sama.



Jika kamu me-ngeclick "Control Panel" maka kamu akan dibawa kehalaman menu control panel. nah disini click "Uninstall A Program" . laah? kenapa tidak langsung di mode search saja?. tidak semua fasilitas windows dari win xp sampai win 8.1 memiliki system "recent" seperti diatas.


Nah. sekarang kamu berhasil ketempat dimana aplikasi dapa dicopot/uninstall. nah disini. lihatlah aplikasi aplikasi yang terpasang pada laptop/komputer kamu. perhatikan baik bak. lihatlah dengan sesama dan hati hati. jangan sampa salah langkah. jika kamu tidak mengetahui aplikasi yang terpasang tersebut. kamu bisa searching terlebih dahulu aplikasi tersebut di google. sampai kamu tau.
nah jika kamu mencurigai ada aplikasi yang benar benar tidak kamu kenal/sudah dicari tapi merasa tidak pernah menginstallnya. maka di copot/uninstall saja. dengan cara click kanan lalu pilih "Uninstall"


Langkah terakhir ialah dengan cara me-restart ulang laptop/komputer yang kamu miliki.. jika masih lemot. dan bahkan dibeberapa waktu. lemotnya semakin menjadi jadi. kamu mau tak mau harus menguninstallnya. sebelum itu. coba pastikan dulu RAM yang digunakan. biasanya jika windows 8.1/10 akan sering mengupdate systemnya. dan bisa saja RAM yang digunakan terkikis hari demi hari. solusinya yaitu dengan membeli RAM yang lebih besar/tambahan RAM lebih besar..dan juga SSD. sama seperti HDD. tapi SSD lebih cepat. tentu akan sangat menguntungkanmu. kami hanya khawatir. bisa saja kamu pernah mengunjungi website download download yang mana banyak pengiklan dan kamu tidak sengaja mendownload salah satu program dari mereka. dan kamu kira itu adalah aplikasi yang kamu butuhkan sebenarnnya tidak. dan setelah di install tidak terjadi apa apa. tapi kemudian beberapa hari selanjutnya laptop/komputer sangat lemot sekali. bisa jadi itu merupakan aplikasi mining. ya. aplikasi mining memang banyak sekali bertebaran. aplikasi mining bitcoin, crypto dan lainnya. sangat membebankan processormu. dan memang lebih baik di install ulang saja agar software tersebut bisa hilang
Next Post Previous Post
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here